Laporkan Penyalahgunaan

Cari Blog Ini

Free Download Blogger Template High CTR AdSense

Featured Post

Perbedaan Adobe Photoshop Cs6 vs Adobe Photoshop CC

Dunia desain grafis selalu menarik untuk dipelajari, banyak sekali software yang ditawarkan untuk proses desain grafis, kali ini kita akan bahas tentang Adobe Photoshop Cs6 dan Adobe Photoshop Cc, apa sih itu? mungkin jika kebanyakkan teman-teman di…

Memahami Elemen dalam Desain Grafis





Halo! Dalam Kesempatan kali ini, aku mau ngeshare dasar-dasar desain grafis, disini aku mau menekankan kepada Elemen-element yang ada dalam desain grafis. terkadang banyak dari desainer yang tidak memahami apa yang sedang mereka rancang, apa itu garis, apa itu titik, dan masih banyak lagi, dan tak sedikit pula yang sama sekali tidak mengetahui tentang makna atau simbol-simbol dari komposisi-komposisi yang sedang mereka susun dalam mendesain. nah kali ini, aku akan sedikit share tentang itu. agar kita semakin tahu, dengan begitu, karya seni kita akan meningkat secara kualitasnya, 

Dalam Desain Grafis, sedikitnya ada 4 elemen yang aku tahu (kalo kurang ditamhanin sendiri ya :p). diantaranya ada Elemen Tititk, Garis, Bidang, Bentuk dan ruang 3 Dimensi. nah, apa saja yang ada dalam ke 4 Elemen tersebut? mari kita cek bersama :)


1. Titik
Suatu bentuk kecil yang tidak mempunyai dimensi. Raut titik yang paling umum adalah bundaran sederhana, mampat, tak bersudut dan tanpa arah. Secara konsep, tidak nampak, misalnya terdapat pada pertemuan dua garis (ujung dan pangkal garis).

Berfungsi menjadi fokus dari suatu tampilan visual, dan dapat menarik perhatian pengamat terkait informasi yang ingin disampaikan melalui karya visual.



Pengembangan titik menjadi bentuk tertentu yang menciptakan nada dan ruang semu.


2. Garis
Merupakan perluasan dari titik, jalur yang dibuat oleh gerakan dari titik yang dicatat secara grafis. Secara teoritis, garis mampu membimbing mata bergerak dari satu bagian ke bagian yang lain. Ciri garis adalah memiliki panjang tanpa lebar (lebar tidak menonjol), mempunyai kedudukan dan arah, kedua ujung berupa titik, dan merupakan batas sebuah bidang. 

Untuk garis sendiri dibagi menjadi 2:

a. Garis Kontur


Garis yang melukiskan bagian tepi suatu bentuk yang memisahkan setiap volume atau area di sekitarnya. Garis kontur sederhana umumnya tidak bervariasi dari segi ketebalan, tidak memiliki gradasi. Garis kontur yang ekspresif dibentuk dengan garis variasi tebal tipis serta memiliki detail. 

b. Garis Kaligrafi


Terjadi jika keindahan garis menjadi aspek utama bagi keindahan gambar. Bersifat lebih ekspresif dan memiliki gradasi ketebalan dan gelap terang.

Bentuk Garis:

Garis Lurus: Bisa berupa garis vertikal, horizontal, diagonal, patah-patah, dan tidak beraturan.
Garis Lengkung: Berupa garis lengkung teratur dan tidak teratur.
Garis Kombinasi: Bentuk lurus dan lengkung.

Arah Garis dan Kesan yang Ditimbulkan:
Horizontal: Tenang, santai, diam atau statis, dan melebar.
Vertikal: Stabil, wibawa, kekuatan, meninggi.
Diagonal: Dinamis, gerakan, gembira.

3. Bidang
Suatu bentuk pipih tanpa 


4. Bentuk dan Ruang 3 Dimensi
Bentuk dihasilkan dari garis-garis yang tersusun sedemikian rupa. Bentuk dibagi menjadi dua dimensi dan tiga dimensi. Dalam desain, bentuk tidak hanya mendefinisikan sebuah obyek tetapi juga bisa mengkomunikasikan sebuah gagasan.

Bentuk dua dimensi dapat dibagi menjadi 3:

a. Geometris : Bentuk yang sangat umum dan terstruktur (kotak, segitiga, lingkaran, dll).
b. Natural : Bentuk yang tidak beraturan dan mudah berubah, seperti bentuk hewan, tumbuhan, dan manusia.
c. Abtrak : Bentuk natural yang disederhanakan, misal simbol fasilitas orang cacat, dsb.

Nah itulah teman2 sedikit materi tentang Element2 yang ada dalam desain grafis, materi ini merupakan dasar untuk pemula maupun yang master, dengan mengetahui Element2 desain grafis, kita sedikit banyak akan memahami dalam mendesain tentunya untuk meracik komposisi yang pas, dan mana yang pas untuk desain yang akan kita buat. 
ketebalan, mempunyai dimensi (panjang, lebar, dan luas), dibatasi oleh garis, dan bersifat dua dimensi.

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar