Laporkan Penyalahgunaan

Cari Blog Ini

Free Download Blogger Template High CTR AdSense

Featured Post

Perbedaan Adobe Photoshop Cs6 vs Adobe Photoshop CC

Dunia desain grafis selalu menarik untuk dipelajari, banyak sekali software yang ditawarkan untuk proses desain grafis, kali ini kita akan bahas tentang Adobe Photoshop Cs6 dan Adobe Photoshop Cc, apa sih itu? mungkin jika kebanyakkan teman-teman di…

Mengenal Jenis-jenis Huruf dalam ilmu Typografi


Dalam dunia desain, siapa sih yang nggak butuh huruf? selain bentuk/object, huruf adalah elemen penting untuk mengkomunikasikan desain kita. Selain berkomunikasi banyak desainer menggunakan huruf sebagai simbol artistik, sebagaimana desain hand lettering yang telah kita bahas kemarin lusa.

Huruf dapat dikelompokkan menjadi beberapa bagian. dari tiap-tiap bagian tentunya ada makna dan tujuan kenapa font itu dipilih. Sebagai desainer grafis, akan lebih baik jika kita mengetahui jenis-jenis font dan tentunya mengetahui makana dari tiap jenis. Tujuanya agar desain yang kita hasilkan menjadi lebih bermakna dan singkron dengan tema yang kita usung.

Berikut adalah jeni-jenis font yang perlu kamu ketahui.

1. Serif

Huruf jenis ini mungkin sering kita temukan sehari-hari, Ciri khusus dari keluarga Serif adalah memiliki kaki/sirip dibagian ujungnya. Kesan yang ditimbulkan dari huruf serif ini adalah klasik, mewah, anggun, lemah gemulai,atau feminin.

2. San Serif

Huruf san serif adalah kebalikan dari Serif. yaitu tidak memiliki kaki/sirip. Kelompok san serif biasanya mempunyai tebal yang sama, berbeda halnya dengan huruf serif yang meliuk-liuk. kesan yang ditampilkan dalam huruf ini adalah modern, kontemporer, sederhana, atau efisien.

3. Script

Huruf jenis ini biasanya banyak di jumpai di rumah sakit (Tulisan dokter) hehe. Huruf jenis Script adalah huruf yang bersambung antara satu sama lain, Huruf Script juga bisa disebut Hand drawing, atau tulisan tangan, dikarenakan huruf ini mempunyai karakter seperti tulisan tangan. Kesan yang ditimbulkan dari huruf jenis ini diantara lain: akrab, tradisional, eksklusif, romantis.

4. Miscellaneous/Decorative

Huruf jenis ini sebenarnya adalah pengembangan dari huruf-huruf yang sudah ada, yang membedakan huruf ini dengan 3 jenis huruf diatas adalah adanya dekorasi yang membuat jenis huruf ini lebih dekoratif dan meriah. kesan yang ditimbulkan dengan penggunaan huruf ini adalah dekoratif, ornamental, bebas.

5. Egyptian

Huruf jenis ini memiliki kaki/sirip yang sama dengan huruf serif  namun berbentuk persegi seperti papan dengan ketebalan yang sama atau hampir sama. Kesan yang ditimbulkan dari font jenis ini adalah. kokoh, kuat, kekar, dan stabil.

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar