Laporkan Penyalahgunaan

Cari Blog Ini

Free Download Blogger Template High CTR AdSense

Featured Post

Perbedaan Adobe Photoshop Cs6 vs Adobe Photoshop CC

Dunia desain grafis selalu menarik untuk dipelajari, banyak sekali software yang ditawarkan untuk proses desain grafis, kali ini kita akan bahas tentang Adobe Photoshop Cs6 dan Adobe Photoshop Cc, apa sih itu? mungkin jika kebanyakkan teman-teman di…

4 Pertimbangan dalam memilih Leptop/PC untuk Desain Grafis

Desain grafis sebenarnya bukan hal yang berat untuk kategori penggunaan PC. diatas desain grafis masih ada render video dan Game. namun kebanyakan desainer selalu menghabiskan banyak waktu dan juga membukan banyak Software untuk mencari refrensi atau meng edit grafis dengan berbagai software. dengan begitu PC yang kita gunakan menjadi berat dan cepat panas. 


Disini kita akan membahas tentang spesifikasi PC yang tepat untuk desainer. disamping kuat, PC ini akan menjadi teman menyenangkan bagi para desainer. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih PC atau merakitnya sendiri sebagai berikut. 

1. RAM
Peran RAM sangat vital, hal ini mempengaruhi kekuatan leptop temen-temen dalam membuka banyak aplikasi sekaligus. Semisal kita ingin membuat sebuah grafis kucing. menghayal atau mengambar seekor kucing mungkin masih bisa dilakukan. akan tetapi jika kita ingin mewarnainya? pastilah kita memerlukan mbah Google untuk mencari refrensi warna dari kucing.


Gambar diatas menunjukkan bahwa untuk sekadar pembuka Photoshop, Adobe Illustrator dan Google Crome setidaknya memakan Memory 2GB. padahal dalam SS diatas saya sama sekali belum membuat project dikedua aplikasi grafis atau berselancar di Google.

Pengalaman pahit, Hardisk saya perhal terbakar karena seringnya membuka Corel Draw, panasnya PC memang bisa ditahan dengan kipas bawaan, akan tetapi jika terus2an bekerja berat, panas akan menyebar ke seluruh komponen, sehingga menyebabkan komponen lain terbakar. untuk mengantisipasi PC bekerja telalu keras, berikan tambahan ram agar meringankan beban PC dalam menjalankan aktivitas. Saya merekomendasikan RAM 4GB untuk desainer pemula, lebih tinggi lebih baik.

2. Prosesor

Intinya disini sama dengan materi diatas. pilihlah prosesor kelas menengah keatas agar memudahkan pengolahan grafis temen-temen. Kecepatan PC temen2 bisa dilihat dari Prosesornya. Kalau untuk setandar bisa memilih intel core i3, jika semakin tinggi angkanya maka akan semakin cepat PC temen2 berfikir *hehe

3. VGA
Setelah mebahas tentang peforma kekuatan dan juga kecepatan. barulah kita berbicara tentang Grafis untuk kebutuhan desain kita. Kartu grafis merupakan bagian penting pada PC untuk desainer, pada bagian ini adalah berkaitan dengan kualitas grafis dan tampilan yang diberikan. Tampilan yang bagus bakal menentukan mood temen2. 


Untuk Rekomendasi standar, bisa menggunakan versi lama NVIDIA GeForce GT 730M atau AMD Radeon HD 8550M 2 VGA ini sudah enak bagi temen-temen yang mau memulai belajar desain.

4. Ukuran Layar


Coba pikirkan ulang jika akan membeli PC/Leptop ataupun mau merakit sendiri, mayoritas leptop yang dijual ditoko elektronik berukuran 13 inch, itu untuk ukuran normal, itu lebih cocok untuk mahasiswa yang sedang ngerjakan skrips Bagi desainer, banyaknya ruang akan membuat imajinasinya terus muncul. disamping itu, banyak dari program2 grafis yang mendukung ukuran layar besar, semisal rekomendasi untuk layar full HD. saya merekomendasikan layar berukuran 15 inch. semakin besar semakin baik

Sekian, semoga bermanfaat.

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar