Laporkan Penyalahgunaan

Cari Blog Ini

Free Download Blogger Template High CTR AdSense

Featured Post

Perbedaan Adobe Photoshop Cs6 vs Adobe Photoshop CC

Dunia desain grafis selalu menarik untuk dipelajari, banyak sekali software yang ditawarkan untuk proses desain grafis, kali ini kita akan bahas tentang Adobe Photoshop Cs6 dan Adobe Photoshop Cc, apa sih itu? mungkin jika kebanyakkan teman-teman di…

Perlukah kipas ekternal (Cooling pad) untuk leptop Desainer?


Sebenarnya ini adalah masalah klasik yang sering dialami oleh pengguna leptop. Dari klasifikasi penggunaan leptop sendiri para Desainer mendapat peringkat lumayan urgen dalam menunjang mobilitas  pekerjaanya. seperti yang telah kita jelaskan sebelumnya (4 pertimbangan dalam memilih leptop/pc) para desainer grafis sangat bergantung pada PC/Leptop sebagai senjata utama. Selain spesifikasi yang bagus, pendingin leptop (Cooling pad) bisa jadi penting atau tidak penting bagi Desainer. Diawah ini, kami akan menguraikan secara rinci yang mungkin bisa jadi panduan dalam merwat leptop temen-temen.


Tidak pakai kipas ekternal?
Sebelum melanjutkan kami ingin mengonformasi bahwa artikel ini di dedikasikan untuk pengguna leptop/Notebook. Kita tahu bahwa body leptop/notebook sangat ramping agar bisa dibawa kemana-mana. hal ini memudahan kita untuk mengerjakan project disembarang tempat.

Dengan body yang slim, parbik PC sudah merancang notebook termasuk komponen didalamnya tahan akan panas yang ditimbukan mesin leptop. Terkadang para pengguna leptop tidak tahu bahwa suhu panas yang ditimbulkan akan merusak leptop secara perlahan, mulai dari Prosesor, Memori, Hardisk, dan yang lebih parah adalah Motherboard. yap! panas yang ditimbulkan akan membakar komponen-komponen di atas.

Kipas internal leptop memang sudah didesain khusus untuk menyetabilkan suhu leptop. namun jika penggunaan yang terlalu over, kipas akan lelah dan tidak menutup kemungkinan dinamo kipas akan mati karena kepanasan. jika kipas mati, maka leptop juga akan mati secara otomatis. hal ini perlu diperhatikan bagi para desainer untuk merawat alat perangnya. maka dari itu, kita membutuhkan kipas tambahan untuk membantu kipas internal.


Menambah kipas ekternal?

Hal ini tidak terlalu buruk untuk temen-temen, akan tetapi, pasalnya fungsi dari leptop sendiri akan berubah. Kipas akan memberatkan temen-temen dalam membawa leptop. kipas ekternal leptop juga akan berdampak pada borosnya penggunaan listrik, dan juga boros tempat. Perlu diketahui efek penggunaan kipas ekternal alias cooling pad selain yang sudah dijelaskan diatas, ada satu hal lagi yang penting untuk diketahui, yaitu colling pad adalah sumber masalah tidak awetnya leptop. "Kenapa?"

Sirkulasi udara pada leptop pada umumnya adalah ditentukan dari rongga-rongga kecil pada body. kebanyakan dari bawah leptop dan juga samping. rongga kecil itu untuk masuk dan keluarnya angin dari kipas internal yang mengendalikan suhu didalam body. Sementara kipas ekternal sendiri adalah membawa angin diluar body dan memasukkanya kedalam.

Hal ini sangat buruk bagi leptop. Kenapa? "Semakin lama temen-temen memakai kipas ekternal, maka semakin banyak juga debu yang masuk kedalam body leptop" debu-debu yang dimasukkan kipas ekternal akan menyumbat rongga leptop hingga membut udara tidak bisa keluar. jika tidak bisa keluar maka suhu panas tidak bisa dikendalikan lagi, setalah terlalu panas, maka leptopun akan mati. jelas hal ini tidak diinginkan temen-temen. "Terus solusinya?"


Solusi!

Sebenarnya ini adalah pengalam pribadi. memakai kipas internal atau menambah kipas ekternal sudah pernah kami coba. hingga akhirnya memakan 1 hardisk yang gosong terbakar dan file2 1 tahun hilang dalam waktu sekejap. dibwh ini mungkin bisa menjadi alternatif bagi temen-temen yang galau melihat leptopny terus-terusan panas.

1. Pakailh kipas Ekternl.
Hal ini kami sarnkan jika pemakaian leptop over. Mungkin temen-temen yang dikejar dan dituntut pekerjaan, atau sekedar bermain game, kipas akan membantu mengtur suhu udara. Tapi jug harus diimbngi dengan solusi dibawh.

2. Bongkar Leptop
Hal ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi temen-temen yang mobilitasnya tinggi dalm penggunaan leptop. Bongkar dan bersihkan debu yang dibawa kipas eksternal setiap beberapa bulan sekali, hal ini akan membuat leptop awat dengan lancarnya sirkulasi udara leptop

3. Bersihkan OS Leptop
Hal ini memang harus selalu dilakukan untuk leptop  desainer ataupun filmaker. Pasalnya Software-software editing menyisakan file cache (File sampah). File ini akan memberatkan kinerja leptop, sehingga leptop selalu ngos-ngosan dan butuh angin untuk mendinginkanya. Untuk menghapus file ngeselin ini dan juga cleaning leptop, silahkn baca diartikel berikut

Baca: Menghapus file chace/File Sampah dan cleaning OS (Coming soon)

Sekian ulasan dari perawatan leptop, semoga bermanfaat

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar