Laporkan Penyalahgunaan

Cari Blog Ini

Free Download Blogger Template High CTR AdSense

Featured Post

Perbedaan Adobe Photoshop Cs6 vs Adobe Photoshop CC

Dunia desain grafis selalu menarik untuk dipelajari, banyak sekali software yang ditawarkan untuk proses desain grafis, kali ini kita akan bahas tentang Adobe Photoshop Cs6 dan Adobe Photoshop Cc, apa sih itu? mungkin jika kebanyakkan teman-teman di…

Pengertian Vector dan Bitmap, Pengetahuan dasar Desain grafis untuk pemula


Dalam post yang lalu, kita sudah mengulas banyak hal, mulai dari tutorial desain sampai membahas tentang cara mencari keuntungan lewat desain grafis. dalam post ini tidak ada salahnya jika kita lebih mendalami desain grafis agar pengetahuan dan wawasan kita semakin bertambah.

Kali ini kita akan membahas tentang istilah yang mungkin tidak asing lagi bagi temen-temen, akan tetapi banyak dari kita yang tidak mengetahui devinisinya secara tepat. yap! Vector dan Bitmap. dua istilah ini tidak bisa dipisahkan dengan desain grafis. dimana kita berkutat dengan Vector dan Bitmap setiap kali kita melakukan proses desain.


PENGERTIAN

Vector
Istilah ini sering dikaitkan dengan tehnik WPAP dan vector vexel. namun hal ini adalah salah. Nama Vector adalah istilah untuk format grafis, yang mana object tersusun dari garis dan kurva berdasarkan rumus matematik. Ciri-ciri yang paling menonjol dari format vector adalah ketika temen2 memperbesar sebuah grafis sampai mentok, dia tidak akan pecah dan tetap tajam.

Bitmap
Istilah ini tidak begitu populer namun kita sering sekali menjumpainya. format gambar bitmap adalah sebuah grafis atau gambar yang tersusun dari titik-titik kecil. Contoh yang paling menonjol adalah ketika kita mempunyai smartphone dengan resolusi kamera 5 megapixel, itu berarti ketika kita mengambil sebuah foto. ada 5000 titik yang tersusun sehingga menciptakan sebuah foto. cara mengetahui detail dari titik-titik yang menyusun foto adalah dengan kita memperbesar foto sampai mentok.



KELBIHAN

Vector
Kelebihan dari vector adalah pada Ruang penyimpanan gambar yang lebih efisien atau lebih kecil, Bukan hanya itu, vektor juga dapat diubah ukuran dan bentuknya sesuka hati tanpa menurunkan kualitas grafis yang artinya vector dapat dicetak atau di printout pada resolusi tertingi sesuai keinginan. 

Bitmap
Untuk kelebihan pada format bitmap adalah mudah untuk menambahkan efek khusus sesuai keinginan. semisal yang paling banyak ditemukan adalah color grading dan color corection. hal ini sangat membantu photographer untuk membuat suasana foto lebih hidup. Ketika kita mengonvesrsi gambar dari object vector kedalam bitmap. kualitas gambar bisa diatur sesuka hati,


KEKURANGAN

Vector
Ketika kita mengonversi dalam bentuk Bitmap, kualitas grafis akan cenderung menurun, ketajaman gambar tidak lagi sebagus format aslinya.

Bitmap
Saat mencetak grafis dengan format bitmap, ada sedikit problem yaitu pada resolusi, gambar akan pecah. jika kita mencetak grafis dengan resolusi rendah. Semakin diperbesar atau zoom in. maka gambar akan pecar dengan kotak-kotak keecil.



APLIKASI

Ada banyak sekali developer yang menawarkan aplikasi berbasis Vector ataupun bitmap. namun dibawah ini adalah beberapa aplikasi populer yang mungkin temen-temen sudah sering memakainya.


Vecctor
  • Adobe Illustrator
  • CorelDRAW 
  • Canvas 8 
  • Creature House Expression 
  • Xara X� 
  • Zoner Draw

Bitmap
  • Corel Photo Paint 
  • Adobe Photoshop
  • Adobe PhotoDeluxe
  • Paint Shop Pro
  • Paint


Related Posts

Related Posts

Posting Komentar